

Bagaimana cara melakukan transaksi dengan QRIS?

Apa itu QRIS?
QRIS adalah fitur pembayaran digital yang distandarisasi oleh Bank Indonesia, yang memungkinkan kamu untuk melakukan pembayaran nontunai dengan mudah. Dengan Honest, kamu bisa membayar menggunakan QRIS di ribuan merchant di seluruh Indonesia dan di beberapa lokasi internasional, hanya dengan satu kode QR standar.
Ada berapa tipe QRIS?
QRIS memiliki 2 tipe:
- Scan/generate QR QR tetap itu QR yang tidak berubah dan ditempel di kasir/meja sehingga pembeli scan lalu input nominal manual, sedangkan QR dinamis berubah tiap transaksi dan nominalnya otomatis terisi jadi pembeli cukup scan saja.
- Tampilkan QR (segera hadir) Pembeli menampilkan QR dari HP mereka, kemudian merchant yang melakukan scan. QR hanya berlaku untuk satu transaksi.
Di mana saya bisa melakukan transaksi menggunakan QRIS?
Kamu bisa melakukan pembayaran menggunakan QRIS di semua merchant yang menyediakan metode pembayaran QRIS. QRIS dapat digunakan untuk pembayaran online maupun offline. Untuk pembayaran offline, cukup pindai kode QR di lokasi merchant, dan untuk pembayaran online, kamu bisa memasukkan detail pembayaran dari aplikasi.
Bagaimana cara mengetahui apakah merchant menerima QRIS?
Merchant yang menerima QRIS akan menampilkan logo QRIS atau kode QR di toko atau halaman checkout mereka. Kamu juga bisa langsung menanyakan kepada merchant apakah mereka menerima QRIS.
Apakah transaksi dengan QRIS juga dapat Honest Poin?
Ya, kamu bisa mendapatkan cashback untuk transaksi QRIS. Kamu dapat cashback hingga 1% untuk transaksi online, tap-to-pay, dan kartu, sementara transaksi QRIS mendapatkan cashback hingga 0.2%.
Apakah ada biaya untuk menggunakan pembayaran QRIS?
Tidak ada biaya tambahan untuk pembayaran QRIS melalui aplikasi Honest. Namun, kamu dapat memberikan tip opsional di luar jumlah transaksi.
Apakah QRIS tersedia untuk pembayaran internasional?
Ya, QRIS mendukung link pembayaran lintas negara (cross-border) sehingga kamu dapat menggunakan QRIS di luar negeri di negara mitra, dan wisatawan internasional dapat membayar dengan QRIS di merchant Indonesia.
Apa batasan transaksi untuk pembayaran QRIS?
Batas transaksi untuk pembayaran QRIS menggunakan adalah Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah) per hari dan per transaksi.
Apa yang harus dilakukan jika transaksi QRIS gagal atau saldo sudah terpotong?
Terkadang, pembayaran QRIS bisa gagal meskipun saldo sudah terpotong. Beberapa alasan umum kenapa hal ini bisa terjadi adalah:
- Sinyal internet yang lemah: Koneksi internet yang tidak stabil dapat menyebabkan transaksi gagal.
- Limit kredit tidak cukup: Saldo atau limit kredit yang tidak mencukupi untuk transaksi dapat menyebabkan kegagalan.
- Kode QR buram atau tidak terbaca dengan jelas: Kode QR yang tidak jelas atau buram dapat menyebabkan proses pembayaran gagal.
Jika transaksi kamu gagal, namun saldo sudah terpotong, berikut yang bisa kamu lakukan:
- Cek status pembayaran: Periksa status pembayaran melalui aplikasi Honest untuk memastikan apakah transaksi berhasil atau masih pending.
- Simpan bukti pembayaran: Jika ada potongan saldo, simpan bukti pembayaran sebagai referensi.
- Hubungi Honest Care: Jika masalah tetap berlanjut, segera hubungi Honest Care yang siap melayani 24/7 melalui:
- WhatsApp: 0811 1919 110 1
- Telepon bebas pulsa: 0800-1-101-101 atau +6221-50867077 (untuk panggilan internasional).


